Ronaldo Tak Bakal Pensiun dengan Alasan Usia Tua

Jakarta, CNN Indonesia — Bintang JuventusCristiano Ronaldo yakin bahwa ia tidak akan pensiun lantaran faktor fisik dan usia yang bertambah tua, melainkan karena faktor psikologis.

Ronaldo sudah berusia 34 tahun dan masih dianggap sebagai salah satu pemain terbaik yang ada di dunia ini. Melihat performa Ronaldo musim lalu, CR7 terbukti menunjukkan bahwa ia masih punya kemampuan level atas.Ronaldo bahkan mampu beradaptasi dengan baik di musim perdananya bersama Juventus. Ia sukses mencetak 28 gol dari 43 laga bersama Bianconeri.

“Saya sama sekali tidak khawatir terhadap fakta bahwa saya semakin bertambah tua. Saya juga tak merasa bahwa saya akan mengalami masalah dari segi fisik. Mungkin faktor psikologis yang nantinya akan menentukan waktu pensiun bagi saya.”

“Saya harap tidak ada hal [negatif] apapun yang terjadi sampai saya berusia 40 tahun. Namun bila hal itu terjadi, maka begitulah sebuah kehidupan,” kata Ronaldo seperti dikutip dari Football Italia.

Ronaldo sendiri tidak terlalu memusingkan waktu pensiun karena ia masih menikmati sepak bola dan memiliki motivasi tinggi untuk meraih trofi.

“Semuanya memiliki awal dan akhir, jadi Cristiano tidak akan bisa selamanya bertahan. Namun untuk saat ini, saya merasa sangat kuat dan ingin terus melanjutkan meraih trofi penting,” ujar Ronaldo.

Ronaldo mengakui bahwa keputusan pindah dari Real Madrid juga untuk menghidupkan motivasi dan mencari tantangan dalam kariernya.

“Saya meninggalkan Real Madrid musim lalu karena saya butuh motivasi baru dalam karier saya setelah memenangkan segalanya di sana.”

“Saya butuh perubahan dalam mengekspresikan penampilan di lapangan karena saya pikir saya masih memiliki banyak hal yang bisa ditawarkan. Saya gembira bisa meraih tiga trofi di tahun pertama bersama Juventus, termasuk trofi UEFA Nations League bersama Portugal,” kata mantan pemain Manchester United ini. (ptr)

Sumber

Berita Terkait

Leave a Comment